Setelah kalahnya
Baginda Raja Bedahulu di Bali, oleh beliau Sri Aji Kala Gemet, sebagai
pelindung daerah, yang berkedudukan di Majalange, akhirnya keadaan Bali pada
saat itu menjadi tenang, sehingga tidak senanglah Patih Nirada Mada, melihat
peraturan tata tertib rusak, adalah beliau yang bernama Dang Hyang Kapakisan,
seorang pandita yang sudah sempurna, beliau dipakai sebagai bagawanta oleh
Nirada Mada, beliau berputra yang lahir dari batu, hasil dari pemujaan beliau
kepada Hyang Surya (Asurya sewana) sehingga mendapatkan seorang bidadari di
taman, dia itulah akhirnya dipakai istri oleh beliau, akhirnya berputralah
beliau laki-laki tiga orang, salah satu adalah wanita, mereka itulah yang
dicalonkan oleh Gajah Mada untuk memerintah, dimohon kepada sang pendeta, yang
tertua dinobatkan di Brambangan, adiknya memerintah di Pasuruhan, dan yang
bungsu menjadi penguasa di daerah Bangsul (Bali), bernama Sri Dalem Kresna
Kepakisan, I Dewa Wawu Rawuh nama lain beliau, beliau beristana di desa
Samprangan, ada lagi pengikut baginda yang bertahta sebagai raja Bali Aga yang
bergelar Maharaja Kapakisan, di antaranya, beliau Sirarya Kanuruhan, Arya
Wangbang, Arya Kenceng, Arya Dalancang, Arya Tan Wikan, Arya Pangalasan, Arya
Manguri, sira Wang Bang, terakhir Arya Kuta Waringin, dan ada lagi tiga orang
wesya, bernama Tan Kober, Tan Kawur, Tan Mundur
Lama kelamaan
wafatlah beliau Sri Dalem Kapakisan, beliau meninggalkan tiga orang putra
laki-laki, satu orang perempuan, yang pertama bernama Dalem Samprangan, beliau
suka bersolek, yang kedua bernama Dalem Tarukan, beliau kurang waras,
mengawinkan saudara perempuannya dengan kuda, selanjutnya yang bungsu beliau
bernama Dalem Ketut, beliau yang menggantikan kedudukan ayahnya, selanjutnya
beralih istana ke Swecalinggarsapura.
Setelah beliau
kembali ke alam baka, beliau digantikan oleh putranya, yang bernama Dalem Watu
Renggong. Setelah beliau wafat, beliau juga diganti oleh putranya, yang
bergelar Dalem Sagening, yang selanjutnya banyak menurunkan anak cucu, itulah
sebabnya ada jenjang martabat kebangsawanan keluarga kesatria ( nista, madya,
dan utama). Semuanya adalah para putra awalnya, oleh beliau Sri Aji Dalem
Sagening.
Diceritakan
beliau Arya Kapakisan, sebagai mahapatih daerah Bali, putra beliau yang tertua
bernama Nyuh Aya, adik beliau Arya Asak, beliaulah sebagai leluhur keluarga
raja Mengwi.
Adapun Beliau
Arya Nyuh Aya, beliau berputra tujuh orang, yang tertua beliau Ki Arya
Patandakan, adik beliau Ki Arya Kasatrya, Ki Arya Pelangan, Arya Akah, beliau
Arya Kaloping, Arya Cacaran, serta beliau Arya Anggan.
Kembali
diceritakan putra beliau Ki Arya Cacaran, Ki Arya Pananggungan, berputra Ki
Arya Pasimpangan, berputra Ki Gusti Ngurah Jarantik, beliau pemberani dalam
pertempuran, beliau meninggal dalam pertempuran di Pasuruhan, beliau meninggal
masih muda, adalah putra beliau, yang bernama Ki Gusti Ngurah Jarantik Bogol, sebab
ayah beliau meninggal dalam keadaan tanpa senjata.
Kembali
diceritakan, adalah seorang wanita bernama Si Luh Pasek Panji, ia memang
berasal dari desa Panji daerah wilayah Den Bukit, ia menjadi abdinya Sri Aji
Dalem Sagening, ia sudah gadis dewasa, pada saat hari yang baik, kebetulan saja
Si Luh Pasek sedang buang air kecil (kencing), air kencing Si Luh Pasek
terpijak oleh beliau Dalem, terasa panas tanah bekas air kencingnya, terhenyak
beliau Dalem, selanjutnya beliau menanyai abdinya, siapa yang mempunyai bekas
air kencing itu, yang ditanya menjelaskan dengan sesungguhnya, bahwa Si Luh
Pasek yang mempunyai bekas air kencing itu, saat itulah beliau Sri Aji Dalem
Sagening memikir-mikirkan keutamaan Si Luh Pasek Panji, bagaikan tersentak
timbul birahinya, oleh karena dimabuk asmara, akhirnya Si Luh Pasek digauli,
akhirnya ia berhasil diperistri oleh Sri Aji Dalem Sagening, disertai dengan
kelengkapan upacara seorang istri, entah berapa lama, akhirnya Si Luh Pasek
kelihatan hamil.
Akhirnya ingatlah
beliau Sri Aji Dalem Bali, oleh karena sudah tiba saatnya, beliau wafat ke alam
baka, akan tetapi belum ada balas jasa beliau terhadap Arya Jarantik, sebagai
orang kepercayaan beliau, oleh karena banyak pengabdian yang sudah dilakukan
dengan taat dan hormat selama beliau mengabdi, dari leluhur beliau dahulu,
dengan kesetiaan dan ketaatan yang kuat, menyebabkan tumbuh rasa kasih sayang
beliau Sri Aji Dalem. Itulah sebabnya Si Luh Pasek Panji yang sudah hamil
diberikan kepada Ki Gusti Ngurah Jarantik, akan tetapi ada pesan Dalem, kepada
Ki Gusti Ngurah Jarantik, supaya tidak menggauli mencampuri sanggama, serta ada
lagi janji Dalem, kemudian apabila lahir anak itu, supaya Ki Gusti Ngurah
Jarantik bersedia mengangkat sebagai anak angkat, supaya bersaudara dengan anak
beliau, yang bernama Ki Ngurah Jarantik, yang sudah dewasa, tidak menolak
mereka yang diperintah.
Entah sudah
berapa lama, setelah waktunya akan melahirkan, lahirlah anak beliau Si Luh
Pasek Panji laki-laki sangat tampan tanpa cacat cela, juga dari ubun-ubun anak
itu keluar sinar, sebagai tanda seorang calon pemimpin, sakti dan berani
kemudian unggul dalam peperangan, hati beliau Ki Gusti Ngurah Jarantik sangat
girang, setelah Dalem diberitahu, selanjutnya anak itu diupacarai, sesuai
dengan upacara Arya Ngurah Jarantik, selanjutnya anak itu diberi nama Ki Barak
Panji. Adapun istri Ki Ngurah Jarantik, ternyata tidak setuju hatinya, sangat
murung dan duka hatinya, melihat anak itu demikian, sehingga timbul iri hati
beliau, oleh karena tidak lahir dari dirinya sendiri, diduga akan menyebabkan
anak beliau tersisih nantinya, sebab anak beliau sendiri, tidak demikian
perbawanya, kejengkelannya ditelan saja, terpendam di hati terus-menerus.
Setelah Ki Barak
Panji dewasa, beliau menghadap raja, mengabdi kepada Sri Aji Dalem Sagening,
selanjutnya dikumpulkannya dengan putra para Arya lainnya, yang sama-sama
mengabdi.
Tiba-tiba malam
hari, ketika orang-orang tertidur lelap dalam istana, kebetulan Sri Aji Dalem
keluar dan ruangannya, disertai oleh sang permaisuri, kelihatan oleh beliau
berdua, ada sinar suci menandakan prabawa, pada kepala salah seorang abdinya,
yang sedang tidur, terkejutlah beliau berdua, selanjutnya diperiksalah keadaan
abdi yang sedang tidur itu, setiba beliau di sana, tiba-tiba sinar itu menghilang,
selanjutnya anak yang bercahaya suci itu ditandailah dengan kapur oleh beliau
Sri Aji Dalem Sagening.
Keesokannya,
ternyata Ki Barak Panji tersurat kapur, di sanalah Sri Aji Dalem Sagening
percaya akan kata-katanya Ki Gusti Ngurah Jarantik, bahwa benar ubun-ubun anak
itu keluar sinar, hati beliau menjadi murung, hati beliau Dalem sangat kasih
sayang, akan tetapi ada yang ditakutkan dalam hati, mungkin Ki Barak Panji,
nantinya akan mengalahkan putranya, yang diharapkan akan menggantikan menjadi raja.
Lama-kelamaan,
kira-kira sesudah dua belas tahun umumnya Ki Barak Panji, khawatir dan curiga
hati Dalem, beserta permaisuri baginda, demikian juga pikiran Ki Gusti Ngurah
Jarantik, termasuk isterinya, sehingga berunding beliau Dalem, diiringi oleh Ki
Gusti Ngurah Jarantik, mencari akal upaya, berusaha agar lepas dari mala
petaka, setelah pembicaraan selesai, Ki Barak Panji disuruh pulang ke daerah
ibunya di desa Panji, Den Bukit.
Menjelang
keberangkatannya ke desa Panji, beliau Sri Aji Dalem Sagening, sudah siap
dengan pengiring putra baginda, empat puluh orang banyaknya, telah teruji
keberaniannya, sebagai pimpinannya, bernama Dumpyung, beserta Ki Dosot, dan
lagi ada hadiah, memberikan pengiringnya senjata keris, Semuanya yang berjumlah
empat puluh, sama-sama satu bilah, akan tetapi ketika Dalem memberikan keris
pembagian kepada para pengiringnya satu demi satu, ternyata ada masih
tertinggal sebilah, berupa Mundarang Cacaran Bangbang (sejenis bentuk keris).
Selanjutnya
kembali dikumpulkan keris itu bersama, setelah terkumpul cukup empat puluh itu,
selanjutnya lagi keris itu dibagi-bagikan, sebanyak empat puluh itu, setelah
mendapat bagian satu demi satu, lalu ada lagi sisanya satu bilah, berupa
Mundarang Cacaran Bangbang, seperti tadi, bingung hati Beliau Dalem Sagening,
beserta Ki Gusti Ngurah Jarantik, dan setelah selesai diulang-ulang lagi,
terus-menerus keris itu dibagikan, ada juga sisanya keris sebilah, seperti
semula.
Setelah demikian
baru teringat dalam hati beliau Sri Aji Bali, terpikirkan bahwa keris itu yang
tertinggal, pusaka buat Ki Gusti Panji (Ki Barak Panji) sebenarnya, itulah
sebabnya keris yang tersisa, selanjutnya diberikan Ki Gusti Panji, sudah
merupakan pusaka Dalem diberikan kepadanya, lain dari pada itu , ada pemberian
Dalem lagi berupa sebilah tombak, bernama Ki Tunjung Tutur, Ki Pangkajatatwa
nama lainnya.
Setelah beliau
Dalem menganugerahi Ki Gusti Panji, pada saat hari yang baik , beliau Ki Gusti
Panji mohon diri, selanjutnya beliau pergi ke Den Bukit, dengan membawa keris pemberian
Dalem, disertai oleh ibunya, diiringi oleh Ki Dumpyung yang membawa Ki
Pangkajatatwa, serta Ki Dosot, beserta pengiring abdi yang lain berjumlah tiga
puluh.
Diceritakan
perjalanan Ki Gusti Panji, setelah beliau pergi dari kota Gelgel, mampir di
Jarantik, mengadakan pemujaan di bagian kota Jarantik, selanjutnya pergi menuju
arah utara, selanjutnya ke barat, memasuki daerah Samprangan, selanjutnya terus
ke barat, memasuki daerah Kawisunya, dicapai wilayah Bandana itu, selanjutnya
beliau menuju ke arah barat laut, menuju daerah Danau Pabaratan, setelah empat
hari perjalanan Beliau Ki Gusti Panji, menginap dalam perjalanan, ketika
matahari sudah condong ke barat, , mendaki bukit Watu Saga, wilayah Den Bukit,
berhentilah beliau di sana, seraya makan bekal beliau berupa ketupat, lalu
beliau tersedak-sedak waktu makan (kilen-kilen), kemudian Ki Dumpyung disuruh
pergi jauh untuk melihat air di bawah, dan senjata Ki Pangkajatatwa, diterima
oleh Si Luh Pasek Panji, lalu pangkal tangkainya ditancapkan di tanah,
maksudnya untuk menaruhnya, nyata-nyata terbukti Hyang Widi murah hati beliau,
lalu memancar keluar air suci dari dalam tanah, yang ditancapi itu, kira-kira
sebesar bejana mata air itu keluar, akan tetapi tidak ada yang mengalir ke luar
dari lubang itu, hanya tetap berada seperti semula, sangat luar biasa kesucian
air itu, tak terkira senang hati mereka semua, terutama beliau Ki Gusti Panji,
lalu beliau minum air itu, demikian ceritanya air itu dahulu, selanjutnya
diberi nama Banyu Anaman, Toya Katipat nama lainnya, hingga sampai sekarang.
Setelah Semuanya
selesai makan, beserta pengiringnya semua, selanjutnya kembali beliau
melanjutkan perjalanan, membelok ke barat, ketika hari sudah sore, matahari pun
sudah condong ke barat, dan tenggelam ke laut. Beliau Ki Gusti Panji kebetulan
berada di dalam perjalanan, di atas Danau Bubuyan, tiba-tiba datang berupa
manusia kelihatannya, bernama Ki Panji Landung, langsung dicegat Ki Gusti
Panji, diusung ke atas, tak terkira tingginya Ki Panji Landung, setelah terasa
langit itu bagaikan disundul pikirnya, lalu Ki Gusti Panji disuruh melihat ke
timur, kelihatan oleh beliau Ki Gusti Panji gunung Toya Anyar, disuruh melihat
ke utara, tidak kelihatan apa-apa, hanya kelihatan samudera luas, kemudian
beliau disuruh melihat ke barat, kelihatan membiru gunung Banger yang tinggi,
selanjutnya lagi beliau disuruh menghadap ke selatan, selanjutnya Ki Gusti
Panji menyuruh agar diturunkan, sebab beliau tak kuasa mendengar tangis ibunya
memandang ke udara, sendirian di bawah berbaring di tanah, disertai pengikutnya
semua, itu sebabnya Ki Gusti Panji diturunkan dari atas, lalu sambil berkata
menyatakan anugerah Ki Panji Landung, hanya sedemikian kemampuanmu melihat,
dapat anda kuasai kemudian, sebagai pemimpin di daerah Den Bukit, anda kuasai
sampai ke pelosok-pelosok semua, demikian kata-kata Ki Panji Landung, memberi
anugerah Ki Gusti Panji, setelah Ki Gusti Panji menginjak tanah, gaiblah Ki
Panji Landung, segera timbul girang hati ibundanya, beserta pengikutnya semua,
selanjutnya semua berjalan, tak menghiraukan siang malam, sebab hampir tiba
tempat yang dituju, sama-sama mengharapkan supaya segera tiba di daerah Panji,
kenyataannya berkat anugerah dewata, supaya tidak mendapat halangan dan
lain-lainnya, dan beliau selamat dalam perjalanan, keesokannya pagi-pagi
terang-terang tanah, tiba-tiba Beliau Ki Gusti Panji sudah sampai di daerah
Panji, menuju rumah sanak keluarga ibunya, sangat senang hati sanak keluarganya
semua, bergegas-gegas menjemput, menyiapkan suguhan selengkapnya, tak lama
beliau Ki Gusti Panji ada di daerah Panji, pengiringnya sebanyak tiga puluh
delapan kembali pulang ke Swecanagara, hanya yang masih ikut Ki Dumpyung
beserta Ki Dosot, karena terikat oleh cintanya bertuan, tidak pernah berpisah
mereka berdua, mengikuti perjalanan beliau Ki Gusti Panji, ke mana-mana pun
bercengkrama, membawa keris pemberian
Diceritakan
mereka yang sudah berhasil menjadi pemimpin daerah Panji, yang bernama Ki
Pungakan Gendis, beristana di Desa Gendis, semua orang yang masuk ke daerah Gendis
menjadi terdiam, Semuanya terdiam dan tunduk menghormat kepada Ki Pungakan
Gendis, pada saat hari yang baik, beliau pergi bersabung ayam ke desa lain,
mengendarai kuda berbulu coklat tua (kuda gendis), sungguh banyak prajurit
beliau mengiringi, diapit kanan kiri, beserta di belakangnya, dilengkapi dengan
payung kebesaran, beserta kendi berbentuk angsa tempat air, puwan berperada
dengan indahnya, seperti tingkah lakunya dahulu, perjalanan beliau lurus ke
utara, mengikuti jalan besar, kebetulan I Gusti bermain-main, dengan diiringi
oleh dua orang abdinya, mencari-cari umbi ketela pada tegalan di bagian barat
jalan, dan keris pemberian Dalem tidak lepas dibawanya, dipakai mencungkil
ketela, tiba-tiba ada terdengar sabda dari angkasa di dengar oleh Ki Gusti
Panji, adapun sabda itu, "Ai Barak Panji, jangan kamu syak wasangka kepada
Kakek, tidak pantas perbuatanmu mencari ubi rambat, jangan kamu ragu-ragu
kepadaku, sebab ada yang utama dalam dirimu, suatu saat kamu menjadi pemimpin
di sini, sebab berbakat dicintai oleh rakyat dalam dunia, dan lihatlah
keutamaanmu sekarang, tunggulah sebentar, ada sebagai musuhmu, bernama Ki
Pungakan Gendis, yang berkuasa di Desa Gendis, wajib kau bunuh, jangan kamu
ragu-ragu dalam hati, tudingkan saja aku ke arahnya, berkat aku terjadi
kematiannya, demikian terdengar sabda itu, didengar oleh Ki Gusti Panji,
beserta abdinya berdua, dihentikanlah keris itu dijadikan main-mainan, kemudian
selanjutnya disarungkan.
Diceritakan Ki
Pungakan Gendis, setelah laju perjalanan beliau, melewati jalan, dilihat oleh
Beliau Ki Gusti Panji, timbullah marah beliau dalam hati, akibat dari pengaruh
kekuatan keris itu, oleh karena belum tercapai tujuannya, sebab sudah lewat
kepergiannya Ki Pungakan Gendis, lalu dinantikan saat kepulangannya dari sabungan
ayam.
Diceritakan
setelah bubarnya orang-orang dari sabungan ayam, Ki Pungakan Gendis kemudian
pulang, dilihat oleh Ki Gusti Panji, Ki Pungakan Gendis sudah hampir tiba di
tempat penantiannya, lalu Ki Gusti Panji segera, berlindung naik ke pohon leca,
yang tumbuh di pinggiran jalan, seraya menghunus keris pemberian Dalem,
kemudian datang Ki Pungakan Gendis, sudah dekat dengan pohon leca itu, lalu
diacungkan keris ke arahnya oleh Ki Gusti Panji , lalu Ki Pungakan Gendis
meninggal, masih dalam keadaan menunggang kuda, akan tetapi tidak diketahui
oleh pengikutnya, hanya berjalan dan berjaga di sana-sini.
Setelah itu tiba
Ki Pungakan Gendis, di hadapan rumahnya , setelah kudanya berhenti yang
dikekang oleh pengikutnya, Ki Pungakan Gendis juga tidak turun, teguh bagaikan
lukisan, badannya kaku bagaikan mayat, matanya mendelik sayu, saat itu baru
diketahui, jika Ki Pungakan Gendis, sudah meninggal, akan tetapi tidak ada yang
mengetahui sebab kematiannya.
Ada anak Ki
Pungakan Gendis, perempuan seorang diri, bernama I Dewa Ayu Juruh, mungkin barn
akan menjelang dewasa, sangat cantik tanpa ada celanya, membuat orang jatuh
cinta, sedangkan adiknya yang laki-laki masih kanak-kanak, yang diharapkan
menggantikan kedudukan ayahnya, oleh karena ia belum tahu mencari akan akal
upaya, lalu dimandatkan pada Ki Bendesa Gendis, memerintah desa Gendis.
Entah berapa
lama, tiba-tiba ada perahu dari luar daerah, terdampar di pesisir Panimbangan,
sangat susah hati Ki Mpu Awwang, kemudian meminta bantuan kepada Ki Bendesa Gendis,
untuk menarik perahu itu, dan membuat perjanjian, jika tujuan berhasil, semua
isi perahu hadiahnya, sebab perahu itu sarat dengan muatan segala ragam yang
indah-indah, seperti pakaian, cangkir, piring, pinggan, serta bermacam-macam
ramuan, menyebabkan tertarik hasrat Ki Bendesa Gendis, lalu beliau bersedia
membantunya, lalu mereka menyuruh terus menerus menabuh kentongan, mendatangkan
pengikutnya semua, membawa tali, bambu, beserta alat perlengkapan untuk
menarik, setelah Semuanya sudah datang, segera serempak pergi ke laut,
sesampainya semua saling bantu penuh usaha untuk menolong, saling mengeluarkan
gagasan / ide, akan tetapi tidak berhasil, sedikit pun perahu itu tidak
bergerak, mereka semua merasa malu dan marah, akhirnya semua pulang ke rumahnya
masing-masing.
Setelah itu lalu
didengar oleh I Gusti Panji, jika demikian keadaannya, selanjutnya beliau pergi
ke tempat perahu yang terdampar itu, tidak lupa beliau membawa keris pemberian
Dalem itu, serta diiringi oleh Ki Dumpyung beserta Ki Dosot, setelah beliau
tiba di pesisir pantai, dijumpainya Ki Dampu Awwang, sedang menangis
meratap-ratap, sambil berkata berkaul , siapa gerangan yang mampu menolong
perahunya, supaya berhasil melaju ke laut, semua isi perahu ini hadiahnya, oleh
karena demikian didengar oleh Ki Gusti Panji, lalu beliau bersedia untuk
menarik perahu itu, seraya keris itu dihunusnya, setelah keris itu diacungkan,
terdengarlah sabda, jangan khawatir, demikian didengar sabda itu oleh Ki Gusti
Panji, beserta dua orang abdinya, lalu percayalah beliau dalam hati,
berhasillah perahu itu didorong, dihempaskan oleh keris itu, bagaikan diberi
kekuatan beliau oleh Hyang Widhi, berhasil perahu itu bergerak, ke tengah laut,
tak terkira larinya ke tengah samudera, selanjutnya kembali perahu itu ke pinggir,
ditambatkan di air, Ki Mpu Awwang tidak lupa akan janjinya, seluruh isi perahu
itu, Semuanya sudah diberikan Ki Gusti Panji, setelah selesai, perahu itu
kembali pulang ke Jawa, tak terkira senang hatinya Ki Mpu Awwang. Mulai saat
itulah Ki Gusti Panji dipenuhi oleh kekayaan, serta mulai saat itu pula keris
pemberian Dalem yang tampak keutamaannya, selanjutnya diberi julukan Ki Semang.
Setelah selama
dua puluh tahun usia Ki Gusti Panji, semakin terkenal di Gendis serta
keutamaannya menurut tata krama, perkataan beliau manis, membuat hati semua
orang senang, membuat tertarik hati penduduk desa Gendis, selanjutnya semua
hormat dan tunduk kehadapan Ki Gusti Panji, luar biasa baktinya menghamba,
tetua (walaba) beserta rakyat sama-sama membela, tidak merasakan panas dan
dingin, menghamba kepada Ki Gusti Panji, selanjutnya dinobatkan bergelar Ki
Gusti Ngurah Panji, selanjutnya orang-orang desa Gendis, beserta parahyangan
agung di bagian barat desa Gendis, dipindahkan ke desa Panji, oleh Ki Gusti
Ngurah Panji, sesuai dengan kesepakatan orang-orang desa semua, selanjutnya
banyak tempat tinggal, berbondong-bondong menggotong rumahnya, dan tempat suci
Ki Gusti Ngurah Panji, sudah selesai dikerjakan oleh rakyat semua, setelah
kedudukan Ki Gusti Ngurah Panji kokoh, berkat dukungan baik seluruh desa-desa,
kawinlah beliau dengan Ki Dewa Ayu Juruh, seia sekata beliau dalam bersuami
istri, oleh karena keduanya sama-sama mencintai.
Konon setelah
beliau kaya, akhirnya beliau membuat kepala keris dari emas, berbentuk Ratmaja
diisi dengan permata Mirah Adi bertatahkan Zamrud (air Lembu). diberi seragam
delapan sangat menarik bagaikan hidup kelihatannya, diberi nama Ki Awak, oleh
karena jiwanya sendiri merasuk dalam keris kepala itu. Tidak ada yang menyamai,
telah sesuai keindahannya dengan sarung gading yang diukir, putih tidak
bercela, diberi sarung dari kain halus, bagaikan menambah keutamaannya keris Ki
Semang.
Entah berapa
lamanya, berhasil terkenal di dunia, kewibawaannya Ki Gusti Ngurah Panji,
sebagai penguasa desa Panji, lalu tak terkirakan berbondong-bondong datangnya
orang-orang dari Lor Adri, selanjutnya tinggal di desa Panji, mengabdi ke
hadapan Ki Gusti Ngurah Panji, segera penuh sesak, tertib, indah kelihatan desa
itu, oleh karena ditambah oleh orang-orang keturunan utama dari Ler Adri,
sama-sama taat menghamba kehadapan Ki Gusti Ngurah Panji.
Entah berapa
tahun lamanya, tidak menyimpang anugerah Ki Panji Landung, lalu tunduk
orang-orang dari timur sungai We Nirmala, sampai di ujung desa Toya Anyar, dari
pesisir laut sampai ke pegunungan, seperti Kyai Alit Menala, dari Kubwan Dalem,
sama-sama tunduk mengabdi, tidak ada yang berniat jahat dalam hatinya, setelah
Semuanya setuju, lalu Ki Gusti Ngurah Panji, membangun daerah, selanjutnya
memindahkan pusat kerajaannya, dari Sangket Sukasada, disebut Sukasada karena
merupakan tempat kedudukan, sebab selalu menimbulkan kesenangan sang raja
beserta semua abdi dan rakyatnya.
Beberapa lama
kemudian, keadaan desa di barat We Kulwan menjadi kalah tenteram, kagum dan
tunduk, semua penguasa, beserta rakyatnya, semua kelurahan tunduk mempertuan Ki
Gusti Ngurah Panji, ada yang bernama Kyayi Sasangkadri beristana di Tebu Salah,
buyut dari Kyayi Cili Ularan, tidak mau tunduk, itulah sebabnya Ki Gusti Ngurah
Panji, pergi untuk menyerang, diiringi oleh banyak prajurit ramai keadaan
perang itu, sama-sama hebat berani dalam peperangan, selanjutnya kalah beliau
Kyayi Sasangkadri, tunduk menyerahkan dirinya, selanjutnya beliau menghamba,
berjanji beserta anak cucunya semua, sebesar-besarnya keturunan beliau supaya
tidak ada yang berani menentang selama-lamanya terus-menerus, senanglah hati Ki
Gusti Ngurah Panji, lalu Kyayi Sasangkadri, ditempatkan sebagai tetua Tebu
Salah, sebab demikian keutamaan Ki Gusti Ngurah Panji, sangat berani dalam
medan perang, disenangi oleh rakyat, sebagai pemimpin daerah Den Bukit, sebagai
pemimpin berkat keris Ki Semang, beserta tombaknya Ki Pangkajatatwa, itulah
sebabnya tenteram penduduk di daerah Ler Gunung, mulai saat itu diberi julukan
Ki Gusti Ngurah Panji Sakti oleh rakyat, karena kesaktiannya luar biasa,
sesudah memimpin di Ler Gunung, sebagai pemimpin menetap di istana Sukasada,
sebab dahulu orang-orang di sana selalu bersenang-senang, menikmati kegembiraan
hatinya, mengikuti pemimpinnya, penuh sesak sampai ke balai rung, sesuai dengan
tingkah lakunya yang baik, tidak ada yang berani menentang perintah beliau
raja.
Diceritakan
beliau raja membuat seperangkat gamelan kerajaan, penuh dengan perlengkapannya,
terompong di depan dan di belakang, diberi nama Juruh Satukad, oleh karena
suaranya sangat manis, bagaikan banjir aliran madu, memenuhi sungai umpamanya.
Gongnya dua buah,
diberi nama Bentar Kadaton, sebab bagaikan belah Keraton itu saat ditabuh
(ginuwal) suaranya mendengung. Dan lagi disebut Ki Gagak Ora waktu berbunyi,
bagaikan suara gagak beribu-ribu. Serta petuk kajarnya, terkenal bernama Ki
Tundung Musuh mengagumkan diberi nama Glagah Katunuwan, suaranya seperti pohon
gelagah yang kering terbakar, suaranya luar biasa bagaikan membelah telinga manusia,
dan lagi gong kecilnya, suaranya sangat gemuruh, bagaikan guruh bertebaran
umpamanya, itulah sebabnya diberi nama Gelap Kasangka, sebab bagaikan
pergantian suara tatit pada saat bulan Kasanga (Maret/April) perumpamaannya,
demikianlah keterangan gamelan kerajaan Sri Anglurah Panji Sakti, itulah
sebabnya musuh dan pengacau menjadi takut, , tidak berani melihat kesaktian
beliau, tidak diceritakan selanjutnya.
Diceritakan ada
seorang brahmana, sangat hebat kesaktiannya, beliau sudah mencapai tingkat astaiswarya
, Mpu Nirartha nama beliau, anak Dang Hyang Asmaranatha, Beliau Mpu Nirartha
pergi ke Bali, setelah beliau tiba di Bali, beliau tinggal di Kemenuh wilayah
Bala Batuh, ada anak beliau beribu brahmani dari Yawadwipa, yang tertua
perempuan beliau lenyap ke alam gaib, tinggal di Melanting Mpu Laki sebagai
Dewa di sana sampai sekarang, yang laki bernama Pedanda Kemenuh, banyak
saudaranya lain ibu, brahmani dari Pasuruhan, ada yang beribu dari kesatria
Blambangan, ada saudaranya beribu dari Bendesa Mas. Ada juga beribu Sudra, abdi
dari Ki Bendesa Mas.
Beliau Pedanda
Kemenuh sebagai putra laki-laki tertua, beliau pindah ke Ler Gunung, desa Kayu
Putih, beliau memiliki pengetahuan yang tinggi sangat pandai dalam hal ilmu
weda, sangat mahir membuat keris, keluhuran ilmu Pasupatinya, beliau sangat
terkenal di masyarakat, oleh karenanya ada sebutan keris buatan Kayu Putih,
demikianlah keutamaan beliau, lalu dimintalah beliau, oleh Ki Gusti Panji
Sakti, beliau diberi kedudukan sebagai bagawanta, dinobatkan menjadi pendeta
kerajaan, dan beliau disuruh mengalih ke banjar Ambengan, beliau diberi
pengikut/abdi sebatas barat sungai Bok-Bok, lebih kurang, 3000 banyaknya,
selanjutnya Pedanda Sakti Ngurah sebutan beliau di masyarakat, oleh karena
sangat kasih sayang serta taat hati beliau ( Ki Gusti Panji Sakti ) kepada
pendeta gurunya, dibuatkan rumah di Sukasada, sehingga saling berdekatan tempat
tinggalnya, disebut Griya Romarsana, setelah saatnya tiba, akhirnya beliau
dipanggil menuju alam baka, berada di pertapaan Kayu Putih, sebab beliau tidak
menyadari akan tibanya ajal, ada putra beliau yang menggantikan, seperti
kedudukan bapaknya, sebagai bagawanta baginda raja, lalu mengumpulkan rakyat,
Pedanda Sakti Ngurah juga namanya oleh baginda raja, beliau tak mengenal lelah
meniru keahlian ayahnya untuk menyenangkan baginda raja, selanjutnya mempunyai
kegemaran membuat keris, sangat luar biasa keris buatannya, itulah sebabnya ada
sebutan keris buatan Banjar, senjata tajam mengandung kesaktian, demikian
Pedanda Sakti Ngurah sangat cintanya, sebab beliau ingat akan leluhurnya, tidak
ada lain asalnya memang bersaudara, pada saat masih berada di daerah Yawadwipa,
itulah sebabnya ada perjanjian beliau berdua ada di desa Romarsana, agar tidak
berpisah, saling menjaga, dalam suka duka, sama-sama senasib dan seperjuangan,
satu bersenang semuanya bersenang, satu bersedih semuanya bersedih, sehingga
bagaikan tingkah laku persaudaraan, lalu ditiru oleh masyarakat, demikianlah
perjanjiannya, semua sudah bahagia, itulah sebabnya desa Romarsana disebut
Sangket, sebab dipakai sebagai tempat mengikat perjanjian, Ki Gusti Ngurah
Panji Sakti dengan beliau yang dihormati Pedanda Sakti Ngurah, lanjut serta
anak cucu beliau, agar meniru kebiasaan baik leluhurnya. dari putra yang tertua
Sri Bagawan Dwijendra, Pedanda Sakti Wawu Rawuh nama lain beliau, sebab beliau
mengawali datang ke Pulau Bangsul / Bali.
Kembali
diceritakan, putra Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, lahir dari I Dewa Ayu Juruh,
kedudukannya sebagai putra mahkota, yang tertua bernama Ki Gusti Ngurah Panji,
seperti nama ayah beliau, dan yang kedua bernama Ki Gusti Ngurah Panji Made,
serta yang bungsu bernama Ki Gusti Ngurah Panji Wala, sama-sama tampan tak
tercela keadaannya, amat tenteram hati beliau raja, ada terbetik dalam hati,
bersiap untuk menyerang menuju daerah Brambangan, daerah Yawadwipa, sebab
beliau ingat akan anugerah Ki Panji Landung, pada saat dulu, lalu beliau
membuat akal-upaya selengkapnya, seluruh prajurit pemberani dipanggil, yang
sudah sering menyerang musuh, Semuanya prajurit yang perwira sebagai pimpinan,
dua puluh jumlahnya, sama-sama keturunan pemberani, diajak bermain
gagak-gagakan, oleh baginda Raja Panji Sakti, dan mereka semua bergilir menjadi
burung gagak, ditanya oleh baginda Raja, "Gagak apa yang kamu harapkan?"
Si gagak kemudian menjawab, ada yang meminta makanan, minuman, anak gadis, mas
permata, busana, serta manikam, bermacam-macam permintaannya masing-masing,
semua sudah dipenuhi permintaan goak itu, sama-sama senang hati gagak itu
menikmati makanan dan minuman, sandang, pakaian dan pangan, tidak jemu-jemu
sama-sama memenuhi keinginan, setelah demikian, selanjutnya beliau Raja menjadi
gagak, ditanya oleh para patih semua, "Gagak apa keinginanmu?", Si
gagak lalu menjawab, "gagak, goak, gak, keinginanku menundukkan
Brambangan", semua prajurit bersorak, sebab penuh sesak para prajurit yang
menonton. Setelah selesai, bersiap-siap mengatur para prajurit itu, penuh
dengan persiapan, beserta perahu sudah banyak disiapkan, sudah siap ditambatkan
tinggal menunggu komando baginda Raja, berayun-ayun dalam samudera sampai ke
sungai pelepasan.
Pada saat hari
yang baik, yang disarankan oleh Sri Bagawanta, beliau Sri Bupati berangkat,
dengan menaiki perahu, diiring oleh rakyatnya banyak, adapun jalur yang dilalui
perahu itu, menuju Candi Gading daerah pinggiran pantai Tirta Arum, selanjutnya
menyerang ke daerah Banger, disergap oleh Dalem Brambangan, luar biasa ramainya
pertempuran itu, jenazah bagaikan gunung, berlautan darah, di medan
pertempuran, selanjutnya beliau bertemu dengan Dalem Brambangan, yang berada di
tengah medan laga, selanjutnya satu demi satu mengadu kekuatan di medan laga,
sama-sama ikhlas berani dan tangkas bertarung, entah berapa lama perang itu
berlangsung, lalu terjebak Dalem Brambangan , dadanya ditikam oleh beliau Sri
Panji Sakti, dengan keris Ki Semang, lalu beliau Dalem Brambangan terjerembab,
selanjutnya menghembuskan nafasnya yang terakhir, akhirnya kekuasaan Brambangan
jatuh menjadi tunduk, Semuanya tunduk memohon supaya tetap hidup.
Didengarlah oleh
Baginda Raja Solo, akan kehebatan Sri Panji Sakti, lalu beliau menjalin
persahabatan berdua, selanjutnya beliau Sri Panji Sakti diberi gajah
tunggangan, setelah Semuanya selesai, Sri Panji Sakti kembali pulang ke Bali,
dengan membawa panji-panji hasil rampasan, segala macam yang utama, akan tetapi
ada yang disakitkan dalam hati, sebab anaknya yang masih muda, yang bernama
Ngurah Panji Nyoman, Danudresta nama lainnya, sudah gugur dalam medan
pertempuran di Brambangan, tak lama berduka cita kemudian beliau kembali
sukacita, seperti keadaan semula, sebab dihibur oleh Sri Maha Rsi Bagawanta,
Pedanda Sakti Ngurah. Demikian kehebatan beliau Sri Panji Sakti terdengar
Diceritakan Sri
Panji Sakti, merintis membangun kota (pura), di pategalan daerah Balalak, tempat
orang menanam Buleleng, ada dijumpai di sana, ibu leleng, banyak orang-orang
yang tinggal di sana, tempat tanah lapang itu, di bagian utara wilayah
Sukasada, setelah menjadi besar tempat kota itu, banyak orang
berbondong-bondong pergi pindah ke sana, akhirnya penuh dengan rumah tempat
tinggal, selanjutnya diberi nama Kota Buleleng, dan istana tempat tinggal
baginda raja, diberi nama Singaraja, sebab jelas bagaikan singa keberanian
baginda Raja, serta gajah beliau yang bagaikan gajah Nirwana, dibuatkan kandang
di bagian utara kota, itulah sebabnya bernama Petak desa itu, dan yang
menggembalakan gajah, adalah tiga orang dari Jawa, pemberian raja Solo, dua
orang bertempat di daerah bagian utara Petak, itu selanjutnya bernama Kampung
Jawa, serta yang seorang lagi, bertempat di Lingga dekat dengan pesisir Toya
Mala, sebab asalnya dari Prabulingga Yawadwipa, di antara desa Petak dan desa
(Kampung) Jawa, bernama desa Paguyangan, sebab tempat gajah beliau
berguling-gulingan digembalakan di sana, demikianlah ceritanya dahulu.
Setelah
lama-kelamaan, orang Jawa di Kampung Jawa, mengembangkan keturunan, kemudian
dibagi atas perintah baginda Raja, ditempatkan di hutan Pagatepan, selanjutnya
juga diberi nama Pagayaman, sebagai penjaga benteng di daerah pegunungan.
Entah berapa
lama, kembali Sri Panji Sakti, pergi menyerang Jaranbana, oleh karena kehebatan
keris Ki Semang, akhirnya hancur daerah Jaranbana, dapat ditaklukan oleh Sri
Panji Sakti.
Tak terhitung
berapa lama kemudian, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, mendengar berita, ada
seorang putri yang sangat cantik bernama Ki Gusti Ayu Rai, saudara dari Ki
Gusti Ngurah Made Agung, yang berkuasa di Mengwi, beliau sekarang ingin
melamarnya, akan dipakai sebagai istri, utusan pun sudah berjalan, lalu ditolak
mas kawin beliau, akhirnya main beliau Ki Gusti Ngurah Panji, timbullah
kemarahannya, ingin untuk menghancurkan wilayah Mengwi, oleh karena
kewibawaannya dijadikan kebanggaan, setelah mampu menguasai daerah Banger,
selanjutnya beliau mengirim utusan, menantang wilayah Mengwi untuk bertempur.
Keinginan beliau untuk mengadu, prajurit andalan beliau yang berupa gagak-gagak
itu, bersama prajurit Mengwi, sebab terkenal bernama Teruna Batan Tanjung,
beserta Teruna Munggu, disanggupi oleh penguasa Mengwi, sama-sama mendorong prajurit
beliau untuk bertempur, ramai pertempuran itu, saling amuk, sama-sama tikam,
menikam, sama-sama pemberani, dilihat oleh beliau berdua, lalu disuruhnya untuk
mengakhiri perang itu, oleh karena keinginan beliau Ki Gusti Ngurah Made Agung,
mencoba keberanian dan kehebatan orang-orang Ler Gunung, sekarang telah beliau
ketahui benar-benar keberaniannya dalam pertempuran, ikhlas hatinya memberikan
adiknya, pada Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, tidak diceritakan perundingan beliau
berdua, setelah sama-sama sepakat, maka sebagai raja yang berwibawa, baginda di
atas singasana, selanjutnya Ki Gusti Ngurah Panji Sakti beserta Ki Gusti Ayu
Rai dinikahkan, setelah demikian keadaannya, kembali beliau penguasa Den
Gunung, diiringi istri beliau Ki Gusti Ayu Rai, sebagai balas jasa cinta kasih
beliau kepada raja Mengwi, diserahkan daerah Brambangan, beserta Jaranbana,
oleh baginda penguasa Ler Gunung.
Setelah beliau
tenteram berada di daerah Buleleng, tidak ada yang berani menentang atau
melawan keinginannya, sehingga Ki Ngurah Panji Sakti memikirkan ingin
menghadapi dengan alasan untuk bertempur, maka Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
pergi ke gunung Batukaru, daerah kekuasaan Bandana, diiringi banyak
prajuritnya, dilengkapi dengan senjata, setiba beliau di sana, segera beliau
merusak parahyangan Agung Batukaru, semua bangunan suci dirusaknya, dipindahkan
dari tempatnya, tiba-tiba ada lebah berpuluh-puluh jumlahnya, masing-masing
segenggam besarnya, tidak diketahui dari mana asal mulanya, bagaikan kehendak
dewata, berhamburan menyerang beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, bagaikan
bencana dari Dewata pikirnya, tidak tertahan oleh beliau Ki Gusti Ngurah Panji
Sakti, selanjutnya beliau lari beserta dengan prajuritnya, tidak melihat lagi
ke belakang, sebab beliau sudah merasa dalam hati, bahwasanya itu kutukan
Dewata pada dirinya.
Lama-kelamaan,
kembali Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, menantang perang, datang ke wilayah
Badeng, beserta dengan prajurit serta perlengkapannya, dengan menunggangi gajah
besar, setiba beliau di daerah bagian utara tempat suci ( pura Satria ) Badeng,
dihadang oleh banyak prajurit dari daerah Badeng, perangpun terjadi ,
tikam-menikam, namun akhirnya berdamai juga dengan penguasa daerah Badeng,
daerah tempat pertempuran itu selanjutnya diberi nama Taensiat, sampai
sekarang, oleh karena tempat permulaan terjadinya perang antara prajurit Den
Bukit, melawan prajurit Badeng. Selanjutnya Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
mengambil istri dari golongan Wesya dari Banjar Ambengan Badung.
Beberapa lama
kemudian, ada terdengar berita, oleh Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, bahwa cucunya
Ki Gusti Ngurah Jarantik, di daerah Jarantik dikecewakan oleh Dalem Bali, di
daerah Gelgel, kesalahannya karena tidak memberikan keris pusakanya, yang
diinginkan oleh Dalem, itu yang menyebabkan beliau sedih dalam hati, beliau
ingin meninggalkan daerah Jarantik, berusaha menyelamatkan diri, oleh karena
terpikir pasti mati, jika tidak pergi dari daerah Jarantik, pergi jauh,
terdorong atas kejengkelannya Ki Gusti Ngurah Agung, yang begitu iri hati ke
hadapan Ki Gusti Ngurah Jarantik, oleh karena demikian keadaannya, beliau Ki
Gusti Ngurah Panji Sakti segera, pergi ke daerah Jarantik, didapatkan
orang-orang yang berada dalam istana sangat sedih dalam hati, terutama Ki Gusti
Ngurah Jarantik, menceriterakan kesusahannya, setelah selesai daya upayanya,
akhirnya mereka serempak pergi dari daerah Jarantik, mencari tempat menuju ke
desa Tojan daerah Bala Batuh, atas perintah Ki Gusti Ngurah Panji Sakti,
selanjutnya beliau mengantarkan, lalu beristirahat di daerah utara desa Beng
Gianyar, ada tanaman-tanaman penduduk di sana berupa kacang tanah, dimakan oleh
gajah tunggangan beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, karenanya ada wilayah yang
bernama Kacang Bedol, sampai sekarang, oleh karena gajah tunggangan beliau memakan
kacang yang ada di sana, tidak diceritakan perjalanan beliau yang mengungsi,
lalu tiba di daerah Tojan, dijemput oleh Ki Bendesa Wayan Karang, yang
menguasai daerah Tojan, selanjutnya beliau membangun istana, tunggangan beliau
Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, digembalakan di daerah bagian barat laut daerah
Tojan, itulah sebabnya bernama daerah Angon Liman, Bangun Liman nama lainnya
sampai sekarang, dan di bagian timurnya ada semak belukar, tempat beliau Panji
Sakti berburu, dinamakan Buruwan sampai sekarang.
Entah berapa lama
beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti berada di Tojan, oleh karena sudah handal
kedudukan Ki Gusti Ngurah Jarantik, bukan main senangnya beliau berdua dalam
hubungan keluarga, sama-sama memperingatkan perjanjian, sehingga tidak luntur
rasa cinta kasih dan keteguhan ikatan kekeluargaannya, serta keturunannya,
suatu kedudukan untuk cucunya kemudian, sesudah sama-sama menyepakati ikrar
itu, Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, menunjukkan kebesarannya, lalu menghadiahkan
tombak Ki Pangkajatatwa, kepada cucunya Ki Gusti Ngurah Jarantik, sebagai
pemberian resmi kepada cucu, tujuannya sebagai tanda sampai di kemudian hari,
setelah beliau selesai memberikan wejangan kepada anak cucunya tentang ajaran
Kamahayanikan, serta tata cara memimpin wilayah, lalu beliau kembali pulang ke
Den Gunung, demikian ceritanya.
Entah berapa
lamanya, oleh karena sudah kehendakNya, terjadilah kehancuran di daerah Gelgel,
ketika itu Sri Dalem Dewa Agung Jambe masih kecil, oleh karena sifat loba dan
durhakanya Kyayi Agung Maruti, mengharap-harapkan akan menggantikan raja
Gelgel, serta sudah banyak para menteri dan rakyat yang senang menghamba
kepadanya ( Kyayi Agung Maruti ), oleh karena kelicikan Kyayi Agung, merangkul
semua orang, perkataannya sangat manis, dan lembut, akan tetapi banyak juga
para Arya kesatria bujangga, tidak menyenangi tingkah laku Kyayi Agung,
menyebabkan pikiran orang menjadi berbeda-beda, sama-sama mencari pemimpinnya
yang disenangi sendiri-sendiri, sehingga terjadi keributan di wilayah Gelgel,
Sri Dalem Cili, dilarikan oleh para menterinya, dibawa bersembunyi ke
Singharsa, disangga selengkapnya oleh beliau Ngurah Singarsa, berkat baktinya
bertuan.
Tidak lama
kemudian, terjadilah persidangan para punggawa agung, yang masih tetap setia
kepada Dalem, sebagai pemimpin beliau Ngurah Singharsa, setelah selesai
memberikan surat kepada para manca semua, sampai ke Ler Gunung serta ke daerah
Badung, semua menyetujui dan satu tujuan dengan Ngurah Singharsa, hendak
menghancurkan Kyayi Agung Maruti, setelah mufakat sama-sama berangkat dari
daerahnya masing-masing, seperti Ki Gusti Ngurah Panji Sakti sudah berangkat,
lengkap dengan segala macam senjata, tak terhingga banyaknya, memenuhi jalan
dengan riuhnya, bermarkas di desa Panasan sebelah barat Toya Jinah, oleh karena
sangat kesusahan masyarakat di sana, oleh senjata dari Ler Gunung, oleh
karenanya disebut Desa Panasan sampai sekarang, kemudian bertemu dengan
prajurit Kyayi Agung dari Gelgel, sebagai senapati Ki Dukut Kerta, dihadapi
oleh Ki Tamlang, patih beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, luar biasa ramai
pertempuran itu, saling sergap, kemudian kalah pertahanan Ki Padang Kerta,
dadanya tertikam, kepalanya dipenggal, matilah Ki Padang Kerta, oleh Ki
Tamlang, kacau balau prajurit Ki Gusti Agung Maruti menjadi bubar, tak mampu
bertahan, sehingga Ki Gusti Agung terpengaruh, ikut lari, melarikan diri dari
pertempuran, seraya dikejar oleh prajurit dari Ler Gunung, seperti Ki Gusti
Ngurah Panji Sakti, dengan mengacungkan keris yang terbuat dari baja, bergagang
kayu pelet berbentuk babodolan, yang sudah dihunus dari sarungnya, seberapa
jauhnya Ki Gusti Agung Maruti lari, terus juga dikejar, lalu dibanjiri kanan
kiri oleh prajurit dari Ler Adri, sehingga beliau ibarat anjing terpukul, oleh
karena tidak ada jalan, sehingga beliau berbalik bersama prajuritnya,
keinginannya untuk sekaligus dengan bertempur habis-habisan, mencari jalan Ki
Gusti Ngurah Panji Sakti yang ditujunya, beliau Ki Gusti Ngurah Panji Sakti
penguasa dari Ler Adri sangat hati-hati, keinginannya untuk menandingi dalam
pertempuran, ketika bersikap akan berbuat, kemudian tangkai keris itu pecah
menjadi dua, tangkai keris yang berbentuk babodolan, rusak pukuh kerisnya,
sehingga Ki Gusti Ngurah Panji Sakti kaget terhenti, selanjutnya mengganti
senjata, mengambil keris pusaka Ki Semang, saat itu Ki Gusti Agung Maruti dapat
kesempatan menghindar bersama prajuritnya, haripun menjelang malam, maka tidak
dapat dikejar oleh Ki Gusti Panji Sakti, selanjutnya menuju Gelgel, di sana
beliau mengutarakan sumpahnya, semua keturunannya sampai kemudian hari, tidak
boleh mempergunakan senjata yang berkepala/berbentuk babodolan, oleh karena
sangat tidak berguna, demikian ceritanya.
Entah berapa
lamanya, pemerintahan Sri Panji Sakti, beliau tetap tinggal di istana Sukasada,
beliau menurunkan banyak putra serta cucu, tidak ada yang berani menentang
perintah beliau raja, Semuanya diam tunduk dan setia, masing-masing melakukan
kegiatannya, dan entah berapa lamanya, setelah tiba ajalnya, akhirnya beliau Ki
Gusti Ngurah Panji moksah, menuju alam Nirwana, meninggalkan sanak keluarga,
meninggalkan banyak putra laki perempuan, masing-masing namanya, yang tertua Ki
Gusti Ngurah Panji Gede, yang berhasil menggantikan menjadi raja Den Bukit,
beliau tinggal di istana Sukasada, adiknya bernama Ki Gusti Ngurah Panji Made,
satu ibu lahir dari I Dewa Ayu Juruh.
I Gusti Alit Oka,
I Gusti Made Padang, satu ibu lahir dari golongan Wesya yang berasal dari
Banjar Ambengan Badung. Beliau I Gusti Made Padang, mengambil istri I Gusti Luh
Abyan Tubuh, anak Ki Gusti Sakti, raja Tabanan.
Ki Gusti Wayan
Padang, Ki Gusti Made Banjar, satu ibu berasal dari desa Panji. Dan lagi I
Gusti Ayu Panji, beribu Ki Gusti Ayu Rai, putri raja dari Mangwi, dipakai istri
oleh Ki Gusti Anom dari Kapal Mangwi.
I Gusti Ngurah
Panji Cede, mempunyai seorang putri, bernama I Gusti Ayu Jelantik Rawit, I
Gusti Ngurah Panji Made, berputra I Gusti Ngurah Panji Bali, beristri I Gusti
Ayu Jelantik Rawit, I Gusti Panji Tahimuk, I Gusti Made Munggu, I Gusti Nyoman
Panji, I Gusti Oka paling kecil.
I Gusti Alit Oka,
mempunyai seorang putri, bernama I Gusti Ayu Nambangan Mas, nama lain beliau I
Gusti Ayu Den Bukit, dipakai istri oleh beliau Dalem Dewa Agung Made, yang
berhasil melahirkan Dewa Agung Panji beserta keturunannya.
I Gusti Made
Padang berputra Ki Gusti Gede Jelantik, beliau pindah ke Jineng Dalem. I Gusti
Wayan Padang, berputra Ki Gusti Lanang Jelantik, I Gusti Panji Dalugdag. I
Gusti Made Banjar, berputra tiga laki-laki, Semuanya ikut mengiringkan Ki Gusti
Ayu Nambangan Mas Den Bukit, ke Klungkung. I Gusti Ayu Panji, kawin ke Mangwi
daerah wilayah Kapal.
Sesudah sama-sama
pergi ke alam baka, seperti Ki Gusti Ngurah Panji Gede, beserta Ki Gusti Ngurah
Panji Made, lalu digantikan oleh Ki Gusti Ngurah Panji Bali, menjadi raja di
daerah Den Bukit, selanjutnya beliau beristana di Sukasada, akan tetapi istana
di Singaraja dipelihara sebagai tempat bersenang-senang, karena dibuat oleh
leluhurnya, supaya tidak hilang dan hancur, tetap handal selama pemerintahan
beliau, tidak ada yang berani berbuat durhaka.
Ada putranya Ki
Gusti Ngurah Panji Bali, dua orang laki-laki berlainan ibu, yang tertua bernama
Ki Gusti Ngurah Panji, beliau sebagai raja di istana Sukasada. Adiknya, bernama
Ki Gusti Ngurah Jelantik, beliau yang menjadi raja di Singaraja, oleh karena
sudah dibagi daerah Lor Adri oleh dua bersaudara itu, sama-sama lahir dari
permaisuri.
Adapun I Gusti
Made Munggu, berputra Ki Gusti Wayan Panji. Ki Gusti Wayan Gulyang, sama-sama
berada di Singaraja, I Gusti Made Ksatra, I Gusti Made Ino, serta I Gusti Ketut
Intaran Kawan, yang pergi ke Patemon, dan lagi I Gusti Nyoman Patandakan, yang
pergi ke Bon Tihing. I Gusti Nyoman Panji, berputra I Gusti Wayan Ksatra; I
Gusti Made Ino, dan I Gusti Ketut Intaran Kawan, sama-sama di Sukasada. I Gusti
Oka, beliau tidak berputra. Adapun Ki Gusti Gede Jelantik, beliau mempunyai dua
orang putri, bernama I Gusti Ayu Raka yang tertua, dipakai istri oleh beliau
yang berkuasa di Sukasada, dan yang kedua, I Gusti Ayu Rai, dipakai istri oleh
beliau yang berkuasa di Singaraja. Adapun tiga orang yang mengikuti I Gusti Ayu
Nambangan Mas, di Klungkung, pindahnya dari Banyuning, mereka menetap tinggal
di Banjar Lebah Klungkung, mereka menurunkan banyak keturunan di sana, tunduk
setia kepada beliau yang diikutinya. Ki Gusti Lanang Jelantik, berputra Ki
Gusti Alit Ksatra. Ki Gusti Panji Dalugdag, berputra Ki Gusti Bagus Panji
Celuk, beserta saudaranya di Banyuning. Demikian beliau pergi mencari tempat
tinggal, sebab rakyatnya sama-sama bakti menghamba.
Lama-kelamaan,
sebagai manusia yang tidak luput dari kesulitan dan penyakit, tak terduga
takdir Yang Maha Kuasa, terjadilah perselisihan di dalam keluarga, yang
berkuasa di Sukasada, dengan yang berkuasa di Singaraja, semakin lama semakin
keras bentrok mereka, tidak ada yang berani menghalanginya, sebab sama-sama
sangat mempercayai fitnah, sehingga yang berkuasa di Singaraja, meminta bantuan
kepada Ki Gusti Ngurah Ketut Karangasern, Raja di Amlapura, sebagai pengatur
siasat I Gusti Nengah Sibetan Wiweka, sebagai penguasa desa Selat, apa yang
dikatakan, Raja di Singaraja Ki Gusti Ngurah Jelantik, membuat perjanjian
imbalan terlebih dahulu, jika sudah mencapai tujuan, menyebabkan tunduk
kakaknya, yang berkuasa di Sukasada, bersedia akan membagi pajak bumi Den
Gunung, sama-sama memimpin bumi Buleleng, sebagai pemimpin hanya Ki Gusti
Ngurah Jelantik, sebagai lambang adapun Sri Bupati dari Amlapura sebagai raja
muda (iwaraja), sebagai pemimpin taktik dan strategi pemerintahan (makocering
niti), maka perjanjiannya disetujui oleh beliau yang memimpin Karangamla,
segera berkemas prajurit itu lengkap dengan senjata, lengkap dengan segala
perlengkapan, seluruh pasukan Karangasern, siap untuk berangkat ke Den Gunung,
menuju kota Singaraja.
Tidak lama
kemudian, didengar oleh kakaknya, jika adiknya meminta bantuan dari
Karangasern, telah semua prajuritnya sampai di sana, luar biasa marahnya kepada
adiknya, sehingga semua prajuritnya dipanggil dikumpulkan, disertai dengan
senjata yang bertubi-tubi tan putus-putusnya, dengan maksud mendahului
menyerang kota Singaraja, para prajurit menyebar menyerbu riuh rendah, hal itu
diketahui oleh beliau penguasa Singaraja, sehingga sama-sama bersiaga, kemudian
terjadilah perang, antara kedua istana itu, menjadi medan perang, setelah kedua
belah pihak sama-sama melakukan pertempuran, saling berguguran. dorong
mendorong, tikam-menikam, saling tombak, adapun sebagai pimpinan I Gusti Ngurah
Jelantik, sehingga prajurit Sukasada menjadi terdesak, oleh karena kebanyakan
musuh, dengan dibanjiri keberanian, tiba-tiba sama-sama melarikan diri bubar
serta mundur, ada yang dirasakan dalam hati, akan hal kematiannya hampir tiba,
itulah sebabnya Ki Gusti Ngurah Panji menjadi marah, menerobos ke tengah-tengah
medan laga, ke depan dengan membawa keris pusaka Ki Semang, mengamuk dengan
sangat hebatnya, banyak musuh beliau yang terbunuh, oleh karena kebanyakan
lawan, sama-sama tidak hendak mundur, akhirnya kedua belah pihak Karangasern
dan Singaraja berkumpul, menyerang mengurung, sehingga Ki Gusti Ngurah Panji dapat
dikerubut, diusahakan merebut kerisnya, sehingga dapat diambil oleh musuhnya,
akhirnya setelah lepas senjatanya beliau pun ditikam, darah beliau memancur,
sehingga gugurlah beliau yang beristana di Sukasada, prajurit beliau semuanya
tunduk memohon perlindungan, akhirnya semua prajurit Ler Gunung berkumpul
menghamba kepada Ki Gusti Ngurah Jelantik, sebagai pemimpin daerah Den Bukit,
beristana di Singaraja, sebagai raja muda beliau yang bergelar I Gusti Nyoman
Karangasern, keturunan Arya Patandakan, sama-sama beristana di Singaraja, yang
pindah dari Karangasern, atas perintah beliau Ki Gusti Ngurah Ketut
Karangasern.
Lama-kelamaan,
setelah tiba ajalnya, beliau I Gusti Ngurah Jelantik wafat, namun karena
liciknya daya upaya beliau raja Amlapura, akhirnya tersebar pula diketahui oleh
rakyat, timbul pikiran loba dan tamak pada kawan, dengan mengandalkan kekuatan
senjata dan rakyat, serta kereta perang dan perbekalan, di balik isi
perundingan dulu, I Gusti Nyoman Karangasern dinobatkan menjadi raja Singaraja.
Adapun anak
beliau I Gusti Ngurah Jarantik, yang tertua bernama Ki Gusti Bagus Jelantik
Banjar, berkedudukan sebagai patih di istana Bangkang, di bagian barat We Mala.
Tak lama
kemudian, Ki Gusti Nyoman Karangasern, memerintah sebagai raja wilayah Den Bukit,
beliau meninggal karena diserang oleh penyakit, kemudian digantikan oleh Ki
Gusti Agung Made Karangasern Sori, keturunan Karangasern, lebih kurang selama
tiga tahun lamanya beliau berkuasa, beliau turun dari singgasana, oleh karena
beliau tidak tegas memerintah rakyat, sehingga beliau memilih muka, tidak adil
kepada rakyat.
Adapun yang
menggantikan beliau, bergelar Ki Gusti Ngurah Agung, mulanya juga dari
Karangasern, sejak lama mengembara di Jembrana, sehingga beliau meninggal di
Pangambengan Jambrana, diserang oleh prajurit penuh dengan senjata, oleh karena
rakyat Jambrana tidak setuju menghamba kepada beliau.
Kembali
diceritakan, Ki Gusti Ngurah Panji, raja di Sukasada, yang meninggal di medan
pertempuran dahulu, karenanya ada bernama desa Baratan, sampai sekarang, adalah
bekas dua orang saudara bertempur, yang meninggal dalam pertempuran,
meninggalkan putra, bernama Ki Gusti Ketut Panji, yang kalah dalam pertempuran
dan masih hidup, selanjutnya beristana di Sukasada.
Adapun yang
menang dalam pertempuran, mempunyai putra bernama Ki Gusti Bagus Jlantik
Banjar, beliau berkedudukan sebagai patih di istana Bangkang, ketiganya
sama-sama meninggal karena tanah longsor, pada Isaka 1737 (1815 M), sebab
lumpur dari gunung mengalir melaju ke wilayah Sukasada serta Bangkang, banyak
rakyat yang meninggal terbenam oleh lumpur itu.
Ada adik beliau
Ki Gusti Bagus Jlantik Banjar, bernama Ki Gusti Ketut Jlantik, tidak meninggal
oleh banjir lumpur itu, sebab beliau sudah pindah ke daerah Kubutambahan, serta
adiknya yang bernama Ki Gusti Made Jlantik, mengungsi desa Pereyan Tabanan,
beliau meninggal di sana, adapun yang bungsu bernama Ki Gusti Ketut Panji,
beliau masih tetap tinggal di Singaraja.
Adapun anaknya Ki
Gusti Wayan Ksatra, yang bernama Ki Gusti Wayan Panji, Ki Gusti Wayan Panebel,
serta Ki Gusti Nyoman Panarungan, sama-sama masih di Sukasada, Semuanya
meninggal terbenam dalam lumpur pada tahun Isaka 1737 (1815 M).
Adapun Ki Gusti
Ayu Den Bukit, yang diambil sebagai istri oleh beliau Dalem Smarapura, berputra
Dewa Agung Panji, beliau yang menurunkan Cokorda Agung Mangwi, beserta Dewa
Agung Putu di daerah Getakan, serta Cokorda Mayun Giri, di daerah Nyalian.
Adapun sanak
saudaranya, beliau Ki Gusti Ayu Den Gunung, yang mengikuti beliau di Klungkung
dahulu, yang paling tua menurunkan mereka yang berada di Gunung Rata, adiknya
berputra yang menurunkan mereka yang berada di Sampyang Gianyar, sedangkan yang
paling kecil berputra yang berada di daerah Lebah Klungkung.
Kembali
diceritakan, Ki Gusti Ketut Panji, berputra Ki Gusti Gede Panji, Ki Gusti Made
Clagi, serta Ki Gusti Nyoman Pinatih, sama-sama berada di Sukasada. Ki Gusti
Bagus Jlantik Banjar, berputra Ki Gusti Bagus Suwi, serta Ki Gusti Made Akeh,
sama-sama berada di Bangkang.
Adapun Ki Gusti
Made Panji Muna, berputra Ki Gusti Bagus Jlantik Kalyanget. Ki Gusti Ketut
Jlantik, berputra Ki Gusti Wayan Ksatra, berada di Kubutambahan, adiknya Ki
Gusti Made Jlantik, berada di Panarukan.
Adapun Ki Gusti
Made Jlantik, yang meninggal di Pereyan, berputra Ki Gusti Wayan Jlantik,
berada di Sasak. Sedangkan Ki Gusti Ketut Panji di Singaraja., sama-sama berada
di Singaraja.
Ada saudara
beliau pergi ke Patemon, serta ke Bon Tihing, dan ke Depaha. Adapun Ki Gusti
Wayan Panji, Ki Gusti Wayan Panebel, dan Ki Gusti Nyoman Panarungan, sama-sama
menurunkan keluarga, selanjutnya dari Sukasada pindah ke Singaraja.
Diceritakan Ki
Gusti Gede Panji, berputra Ki Gusti Putu Panji, Ki Gusti Made Kari, dan Ki
Gusti Ketut Panji, sama-sama berada di Sukasada. Ki Gusti Made Celagi beliau
banyak menurunkan putra. Ki Gusti Nyoman Pinatih, mempunyai seorang putri
bernama I Gusti Ayu Rai, serta saudara laki-lakinya. Ki Gusti Bagus Suwi, di
Bangkang, mempunyai seorang putri Ki Gusti Ayu Made Ayu, beserta saudara
laki-laki. Ki Gusti Made Akeh, di Bangkang, berputra I Gusti Nyoman Panji, I
Gusti Ketut Jlantik Sangket, beserta saudaranya di Bangkang. Ki Gusti Bagus
Jlantik Kalyanget, pindah dari Tukad Mungga, putra beliau Ki Gusti Bagus
Jlantik Batupulu, adiknya Ki Gusti Made Batan, sama-sama di Tukad Mungga.
Adapun Ki Gusti Wayan Ksatra di Kubutambahan, berputra I Gusti Putu Kari, Ki
Gusti Putu Kebon nama lainnya, ada adiknya seorang wanita bernama Ki Gusti Ayu
Made Batan.
Adapun Ki Gusti
Made Jlantik, di Panarukan, berputra Ki Gusti Ayu Putu Puji, Ki Gusti Ayu
Jlantik, Ki Gusti Ayu Rai, dan Ki Gusti Ayu Putu Intaran Rudi. Selanjutnya I
Gusti Wayan Jlantik yang berada di Sasak, berputra Ki Gusti Made Jlantik Jwala,
serta Ki Gusti Ketut Jlantik Jwali. Adapun Ki Gusti Bagus Ksatra, di Singaraja,
berputra Ki Gusti Bagus Rai, serta saudaranya, tidak diceritakan selanjutnya.
Kembali
diceritakan. setelah beliau Ki Gusti Ngurah yang wafat di Pangambengan , beliau
digantikan, oleh yang bernama Ki Gusti Agung Pahang, pada saat Isaka 1751 (1829
M), beliau memindahkan istana Singaraja, ke sebelah barat jalan, entah berapa
lamanya menjadi raja, terdorong oleh karena sudah kehendakNya, akhirnya keluar
sifat angkara beliau, diduga tidak ada menandingi kewibawaannya, bertingkah
laku tidak senonoh, sehingga melanggar tata susila yang sudah ada,
gamya-gamana, serta berselingkuh dengan saudara perempuan beliau, hal itu
diketahui oleh para menterinya, serta rakyatnya semua, akan tetapi Semuanya
memendam dalam hati, tidak ada yang berani membuka mulut, akan kejahatan
tuannya, akan tetapi semua sudah kentara bahwa semua mengetahui namun pura-pura
tidak tahu, sehingga beliau Ki Gusti Ngurah Pahang menjadi was-was, mengira
bukan mustahil rakyatnya semua akan menentang kekuasaannya, tetapi tetap
niatnya berbuat ganas pada rakyatnya, terhadap tindak-tanduknya, belum pantas
dihukum mati, dibunuhnya juga selalu memegang pentungan, tidak sedikit
menyakiti rakyatnya, karena curiga pada diri atas perilakunya yang tidak
senonoh. Kira-kira tiga tahun lamanya beliau menjadi raja, ada para arya
bernama Ki Gusti Bagus Ksatra dari Singaraja, saudara beliau Ki Gusti Made
Singaraja, anak beliau Ki Gusti Ketut Panji, beliau Ki Gusti Bagus Ksatra,
disuruh membunuh oleh Ki Gusti Agung Pahang, sebab memberikan hidangan ikan
udang kepada beliau, disangka oleh beliau raja, akan menjadi sebab berhenti
menjadi raja Den Bukit, ada pula yang bernama Wayan Rumyani, Pan Apus nama
lainnya, ia rakyat yang dipercayai menjadi perbekel, ikut juga dibunuhnya, oleh
karena kelihatan sebagai raja gila, disangkanya jelas akan mencelakakan.
Selanjutnya
jenazah Ki Gusti Bagus Ksatra, ditambatkan di lapangan, telinganya kiri-kanan
diberi bunga kembang sepatu merah, mayatnya menjadi tontonan orang banyak, dan
adiknya Ki Gusti Made Singaraja, menghadap raja, memohon belas kasihan, memohon
jenazah kakaknya, ternyata tidak diijinkan oleh beliau raja, setelah sore hari,
barulah mayatnya diserahkan kepada sanak saudaranya.
Oleh karena
demikian keadaannya, luar biasa marahnya Ki Gusti Made Singaraja, beserta sanak
keluarganya semua, semua keturunan pemberani Sri Panji Sakti, lalu bersama-sama
mengadakan perundingan, setelah memperoleh keputusan, memaksa menerobos masuk
istana.
Pada saat hari
baik, beliau raja < > Pahang mengadakan keramaian di istana, mengadakan
pertunjukan wayang kulit, adapun sebagai Dalangnya bernama Ki Gulyang, dari
desa Banjar, itulah kesempatan para arya semuanya, bermaksud ikut mengamuk di
istana, sudah siap dengan senjata, hanya menunggu keluarnya beliau sang raja,
menonton, sampai tengah malam, juga Ki Gusti Agung Pahang belum keluar,
menonton wayang, adapun Ki Dalang Gulyang sedang memainkan perang wayang,
akhirnya semua para arya kepayahan menunggu, akhirnya mereka menyebar mengacau,
mengamuk orang-orang yang menonton wayang, ada yang menikam ke arah Dalang yang
sedang memainkan wayang, layarnyapun robek, adapun sang dalang saat itu sedang
memegang wayang Bima, serta wayang Tuwalen, serta membawa Capala, oleh karena
kagetnya, lalu segeralah ia melompat mencari perlindungan, membawa wayang Bima dan
Tuwalen, beserta capalanya.
Tidak diceritakan
banyaknya yang mati dan terluka di tempat orang menonton, kacau balau, mencari
perlindungan, sehingga hiruk-pikuk mondar-mandir, di halaman kedua istana,
disambut dengan suara kentongan bertalu-talu, luar biasa riuhnya orang-orang,
seisi istana, sama-sama keluar dengan membawa senjata, sama-sama menunggu di
jalan raya, sebab tidak ada yang berani masuk ke istana, oleh karena sangat
gelapnya.
Diceritakan ada
yang bernama Ketut Karang, sebagai kepala penjaga istana, bertempat tinggal di
Panataran, ia berbicara, mengingatkan Ki Gusti Made Singaraja, beserta
pengikutnya, menyuruh untuk kembali pulang, sebab beliau raja sudah pergi
mengungsi meninggalkan istana, tidak akan berhasil jika langsung masuk ke dalam
istana, mungkin tujuannya akan menemui bahaya, demikian cegahan Ketut Karang,
lalu mereka yang menyerang kembali pulang semuanya, menuju rumahnya
masing-masing.
Keesokan harinya,
Ki Gusti Agung Pahang, dihadapkan dalam persidangan, dihadapkan oleh semua para
manca, akan tetapi para arya Den Bukit tidak ikut, melakukan persidangan,
tentang pemberontakan para arya Buleleng, durhaka mengamuk dalam istana,
setelah kesepakatan raja selesai, sesudah disepakati oleh para arya keturunan
Karangasern, bahwa akan membunuh semua para arya Buleleng, laki perempuan, tua
muda, supaya tidak ada tersisa, sebab sangat besar dosanya terhadap sang raja,
setelah demikian keadaannya, tidak menunggu sehari, seketika mendadak
dikerahkan para prajuritnya lengkap dengan senjata, disuruh untuk menghancurkan
para arya yang ada di Ler Adri, ternyata lamban tindakan para arya itu kurang
cepat mengelak, sehingga hancur beserta dengan anak-anaknya (arare cili), oleh
karena angkatan bersenjatanya sangat hebat jitu melaksanakan perintah sang
raja, itu sebabnya berpuluh bahkan sampai ratusan mereka yang dapat ditikam
dengan keris, serta tombak, segala yang mengakibatkan kematian, bagaikan
bergunung mayat dan berlautan darah kenyataannya, demikian diceritakan.
Kenyataannya,
sebab kehendakNya tidak dapat dilawan, untuk menciptakan kebesaran keturunan
beliau Ki Gusti Ngurah Panji, walaupun beberapa banyaknya prajurit beliau,
memporak-porandakan para arya Den Bukit, tetapi didorong oleh kekuatan suci
beliau yang sudah mendahuluinya ( wafat), mereka tak mungkin sampai habis
dihancurkan, ada juga yang tersisa, yang berhasil menurunkan keturunan sampai
sekarang, bagaikan dilindungi oleh dewata persembunyiannya, sehingga terlepas
dari kematian, siapakah itu yang masih hidup?, demikian kira-kira pertanyaannya,
di antaranya, Ki Gusti Made Kari, Ki Gusti Ketut Panji, sama-sama ada di
Sukasada, beliau sama-sama pindah ke wilayah Desa Kapal Mangwi, beliau yang
menurunkan keturunan di Sukasada sampai sekarang. Adapun Ki Gusti Nyoman Panji,
beserta saudaranya Ki Gusti Ketut Jlantik Sangket, sama-sama pergi menyelinap
di hutan-hutan wilayah desa Panji, beliau yang menurunkan para arya di istana
Bangkang sampai sekarang.
Adapun Ki Gusti
Bagus Ketut Jlantik Batupulu, serta adiknya Ki Gusti Made Batan, sama-sama mengungsi
menuju wilayah desa Soka Tabanan, beliau yang menurunkan sanak keluarga para
arya Tukad Mungga, sampai sekarang.
Selanjutnya Ki
Gusti Putu Kebon, Ki Gusti Putu Kari nama lain beliau, pergi ke desa Pakisan,
dan berhasil menurunkan yang di istana Kubutambahan. Adapun Ki Gusti Ketut
Jlantik Jwali, menurunkan keturunan di Karang Buleleng Sasak sampai sekarang.
Pendeknya, apa
sebab sama-sama masih hidup, karena ditolong oleh rakyatnya masing-masing, yang
masih bakti menghamba, berusaha menyelamatkan diri.
Kembali
diceritakan, tidak menyimpang akan titah Nya, perbuatan semasa hidup didorong
oleh perbuatannya dahulu, sebabnya Ki Gusti Ngurah Pahang, semakin bertambah
angkara murkanya, bagaikan malapetaka dari-Nya, segera semakin diketahui oleh
rakyatnya semua, perbuatannya gamya-gamana dengan adik, menyebabkan panas pada
saat musim hujan, hasil panen tidak berhasil, kebutuhan sehari-hari jarang,
negara menjadi terpecah, sehingga orang-orang menjadi ribut, bertengkar
berperang dengan sanak keluarga, sama-sama tidak tertahankan oleh para manca
serta semua rakyat , selanjutnya K-i Gusti Agung Pahang dikepung oleh rakyat
bersenjata, akhirnya lari ke wilayah Karangasern, setibanya beliau di sana,
akhirnya beliau dibunuh oleh rakyat Karangasern.
Digantikan oleh
beliau yang bernama Ki Gusti Ngurah Made, yang menggantikan kedudukan raja
Buleleng, beliau juga keturunan Karangasern, dibantu oleh beliau yang bernama
Ki Gusti Ketut Jlantik Gingsir, kedudukannya sebagai patih, diberi mandat
memerintah negara Buleleng, keberanian beliau Ki Gusti Patih terkenal ke
mana-mana sampai ke pelosok Pulau Bali, sebab beliau mengalahkan desa-desa yang
ada di wilayah pegunungan Bangli, seperti Payangan, sangat luar biasa pujian
rakyat, akan keberanian beliau menggempur musuhnya yang sakti.
Entah berapa
tahun lamanya, tiba-tiba ada perbedaan pendapat Ki Gusti Patih Ketut Jlantik,
berselisih dengan pemerintahan Belanda, menyebabkan terjadinya permusuhan,
perangpun terjadi sangat hebat, antara Belanda dengan rakyat Bali, lamanya perang
hingga tiga tahun, akhirnya rakyat Den Bukit mengalami kekalahan, oleh
pemerintahan Belanda, pada Isaka 1768 ( 1846 M), adapun raja Ngurah Made, serta
Ki Gusti Ketut Jlantik, disertai prajuritnya, lari pergi menuju wilayah
Karangasern.
Setelah demikian,
tidak ada lagi keturunan raja Karangasern yang memerintah di Buleleng, dan
pemerintahan Belanda yang berhasil menang di Buleleng, untuk menjalankan
pemerintahan, kembali mengangkat raja, memilih raja keturunan Den Bukit seperti
dulu kala, setelah pembicaraan selesai, disetujui oleh para manca dan punggawa
semua, diusahakan mencari yang benar-benar keturunan para arya, keturunan Sri
Panji Sakti dahulu, yang memerintah di Den Gunung, sebab dipilih oleh semua
orang yang menginginkan, sehingga dinobatkan bergelar Ki Gusti Made Rai di
Sukasada, menjadi penguasa Den Bukit, beliau adalah putra dari Ki Gusti Made
Kari, yang pergi ke daerah Kapal Mangwi, pada saat diserang oleh Ki Gusti Agung
Pahang dahulu.
Ada saudara
tertua beliau Ki Gusti Made Rai seorang wanita, bernama Ki Gusti Ayu Pakisan,
adiknya bernama Ki Gusti Ayu Rai, yang laki bernama Ki Gusti Made Panji, serta
Ki Gusti Nyoman Panarungan.
Adapun adik
beliau Ki Gusti Made Kari, yang bernama Ki Gusti Ketut Panji, beliau berputra
Ki Gusti Ayu Griya, Ki Gusti Agung, serta Ki Gusti Ayu Bulan, sama-sama berada
di Sukasada.
Adapun Ki Gusti
Nyoman Panji, yang pergi menuju desa Alas Panji, berputra Ki Gusti Ayu Sekar,
Ki Gusti Made Banjar, Ki Gusti Nyoman Banjar, serta Ki Gusti Ketut Tangkeban.
Adapun adik beliau
Ki Gusti Nyoman Panji, yang bernama Ki Gusti Ketut Jlantik Sangket berputra Ki
Gusti Wayan Jlantik, Ki Gusti Nyoman Oka, Ki Gusti Ketut Rai serta yang lain
ibu dengan Ki Gusti Ayu Kompyang Panji, Ki Gusti Ayu Nyoman Rai, Ki Gusti Ketut
Ksatra, Ki Gusti Ketut Banjar, serta Ki Gusti Ayu Kaler, sama-sama kembali ke
Bangkang.
Adapun Ki Gusti
Bagus Jlantik Batupulu, yang pergi ke desa pegunungan di daerah Soka Tabanan,
berputra Ki Gusti Putu Panji, Ki Gusti Ayu Mas, Ki Gusti Ketut Ksatra, serta Ki
Gusti Ketut Jlantik, semua kembali ke wilayah Desa Tukad Mungga.
Juga adik beliau
yang bernama Ki Gusti Made Batan, berputra Ki Gusti Putu Batan, Ki Gusti Ayu
Made Taman, Ki Gusti Nyoman Jlantik, Ki Gusti Ketut Kaler, Ki Gusti Ayu Rai, Ki
Gusti Ayu Panji, Ki Gusti Bagus Jlantik, Ki Gusti Made Karang, Ki Gusti Ketut
Banjar, serta Ki Gusti Ayu Nyoman Soka nama beliau, sebab lahir di desa Soka,
pada saat mengungsi dahulu, itu Semuanya lalu bertempat tinggal di Tukad
Mungga. Selanjutnya membangun tempat pemujaan di rumahnya di Tukad Mungga,
meniru yang ada di istana Bangkang.
Adapun Ki Gusti
Putu Kari, Putu Kebon nama lain beliau, yang pergi ke Desa Pakisan, beliau
berputra Ki Gusti Bagus Panji Cuwag, Ki Gusti Ketut Kaler, Ki Gusti Ketut
Jlantik, serta Ki Gusti Ayu Putu, Semuanya kembali ke Kubutambahan.
Juga beliau Ki
Gusti Ketut Jlantik Jwali, berputra Ki Gusti Bagus Jlantik, Ki Gusti Made Rai,
serta Ki Gusti Nyoman Jlantik, sama-sama bertempat tinggal di Sasak.
Yang lainnya,
ketika diserang oleh beliau Ki Gusti Agung Pahang, dahulu, oleh karena para
Arya Buleleng sama-sama mencari keselamatannya masing-masing, ada para arya
yang berbudi ingkar lupa akan leluhurnya, tidak mengetahui asal-usulnya,
menuruti jalan hidupnya, sehingga tinggal di rumah orang yang beragama Islam di
pesisir Singaraja, yang sudah jelas tidak setia pada agamanya, menjadi beragama
Islam, ada keturunannya sampai sekarang, setelah bercampur dengan orang-orang
yang beragama Islam.
Entah beberapa
lamanya, lebih kurang tiga tahun lamanya, Ki Gusti Made Rai menjadi raja
Buleleng, akhirnya beliau turun dari singgasana, oleh karena tidak menghiraukan
rakyat, didorong oleh nafsu, tenggelam dalam sabungan ayam, tidak ingat akan
kewajibannya sebagai raja, beberapa bulan meninggalkan istana, tinggal diam di
desa Panji, diiring oleh para penjudi, sangat keras mengikuti keinginan
berjudi.
Setelah mendapat
kata sepakat oleh pemerintahan Belanda, dibantu oleh para menteri, punggawa
semuanya, sehingga dipilih beliau Ki Gusti Ketut Jlantik di Kubutambahan, putra
beliau I Gusti Putu Kari, dinobatkan menjadi raja di Buleleng, sebab beliau
memang benar-benar keturunan Sri Agung Panji Sakti, keturunan keempat dari Ki
Gusti Agung Rai.
Kemudian dari
hasil keputusan pemerintahan Belanda, pindah dari Kubutambahan beristana di
Singaraja, bergelar Ki Gusti Nglurah Ketut Jlantik, dibantu oleh ayah beliau Ki
Gusti Putu Kari, berkedudukan sebagai punggawa di Kubutambahan.
Adapun ipar
baginda raja, bernama Ki Gusti Putu Batan, raja muda dengan jabatan sedahan
agung kedudukan beliau, dan Ki Gusti Bagus Jlantik, patih kedudukan beliau,
semula berkedudukan di Tukad Mungga, selanjutnya pindah ke Singaraja, Puri
Kanginan, lain dari itu, masih berada di Tukad Mungga, sama-sama diberi
kedudukan oleh baginda raja, demikian keluarga raja keturunan istana Bangkang,
serta yang berada di Sukasada, menyebabkan tenang dan sempurna baginda raja,
dibantu oleh sanak keluarga dan tanda mantri serta punggawa.
Entah berapa
lamanya, bagaikan kehendak-Nya, sebab sudah tiga giliran waktunya pembagian
takdir Yang Maha Kuasa, disertai dengan perputaran jaman, menyebabkan keadaan
menjadi kacau, menyebabkan banyak yang saling fitnah, diakibatkan oleh
keinginan Belanda untuk menguasai negara, dengan cara-caranya sendiri, sehingga
ada saja alasannya untuk menghukum, menyalahkan Ki Gusti Ngurah Ketut Jlantik,
sehingga beliau diberhentikan menjadi raja, selanjutnya beliau dijadikan orang
buangan di Pulau seberang yaitu wilayah Padang Pulau Sumatra.
Setelah keadaan
demikian, selanjutnya Belanda sebagai penguasa daerah Buleleng, tidak ada
rajanya lagi, hanya Ki Gusti Bagus Jlantik kedudukannya sebagai patih, sebagai
pemimpin orang-Bali di Buleleng.
Kembali
diceritakan, tentang keturunan beliau Ki Gusti Made Rai di Sukasada, beliau
banyak menurunkan keturunan, yang tertua Ki Gusti Bagus Rai, adiknya Ki Gusti
Made Ksatra, Ki Gusti Nyoman Karang, Ki Gusti Ketut Tangi, Ki Gusti Ketut
Jlantik, Ki Gusti Bagus Dalang, Ki Gusti Ayu Ketut Rai, Ki Gusti Putu Gunung,
Ki Gusti Nyoman Jlantik Ceples, Ki Gusti Ayu Jlantik, Ki Gusti Ketut Perasi, Ki
Gusti Nyoman Jlantik, Ki Gusti Ketut Rai, Ki Gusti Ayu Putu, beliau dijadikan
istri oleh Ki Gusti Putu Griya, di Singaraja.
Adapun Ki Gusti
Made Panji, berputra Ki Gusti Ayu Turun. Adapun I Gusti Nyoman Panarungan,
berputra Ki Gusti Bagus Bebed, sama-sama berkedudukan di Sukasada.
Adapun Ki Gusti
Agung, pindah ke Depaha, berputra Ki Gusti Ayu Sekar, Ki Gusti Ayu Made Panji,
Ki Gusti Ayu Made Rai Kebring, yang dijadikan istri oleh Ki Gusti Made
Singaraja, di Singaraja, Ki Gusti Ketut Jlantik, Ki Gusti Putu Canang, Ki Gusti
Made Togog, Ki Gusti Ayu Nyoman Tilem, Ki Gusti Ketut Panji, serta Ki Gusti Ayu
Jlantik.
Adapun yang
berada di istana Bangkang, Ki Gusti Made Banjar, berputra Ki Gusti Ayu Dangin,
istri beliau Ki Gusti Nyoman Gunung, di Tukad Mungga, Ki Gusti Ayu Mas, Ki
Gusti Nyoman Jlantik, serta KI Gusti Made Panji.
Adapun Ki Gusti
Nyoman Banjar, berputra Ki Gusti Ayu Kompyang Panji, Ki Gusti Made Selat, serta
Ki Gusti Ketut Putu. Adapun Ki Gusti Ketut Tangkeban, beliau tidak mempunyai
keturunan.
Adapun Ki Gusti
Wayan Jlantik, berputra Ki Gusti Putu Cede, Ki Gusti Made Jlantik, Ki Gusti Ayu
Nyoman Ayu, istri beliau Ki Gusti Nyoman Jlantik, Ki Gusti Ayu Kajeng, Ki Gusti
Ayu Rai, istri beliau Ki Gusti Putu Intaran, di Bangkang, Ki Gusti Ayu Ketut
Panji,, istri beliau Ki Gusti Ketut Putra di Tukad Mungga, serta yang bungsu Ki
Gusti Bagus Jlantik.
Adapun Ki Gusti
Nyoman Oka, berputra Ki Gusti Putu Intaran, Ki Gusti Made Celagi, Ki Gusti
Nyoman Jlantik Jebel, Ki Gusti Putu Gianyar, serta Ki Gusti Made Kaler.
Kemudian Ki Gusti Ketut Rai, berputra Ki Gusti Ayu Jlantik, istri beliau Ki
Gusti Bagus Rai dari Tukad Kemudian Ki Gusti Ketut Panji, berputra Ki Gusti
Putu Panji, Ki Gusti Ayu Kompyang Sekar, istri beliau Ki Gusti Made Jlantik, Ki
Gusti Ayu Made Rai, istri beliau Ki Gusti Nyoman Jlantik Jebel.
Adapun Ki Gusti
Ketut Kaler, berputra Ki Gusti Ayu Kompyang Jlantik, istri beliau Ki Gusti
Bagus Jlantik dari Bangkang, serta adiknya Ki Gusti Made Raka. Adapun Ki Gusti
Ketut Ksatra, berputra Ki Gusti Bagus Jlantik Dawuh. Kemudian Ki Gusti Ketut
Banjar, berputra Ki Gusti Ayu Dalem, istri beliau Ki Gusti Ketut Putu di
Bangkang, Ki Gusti Ayu Made Rai, Ki Gusti Panji Cuweh, Ki Gusti Ayu Made Ayu,
Ki Gusti Ketut Ayu, Ki Gusti Ayu Selat, Ki Gusti Made Jiwa, Ki Gusti Nyoman
Raka, serta Ki Gusti Ayu Ketut Griya, beliau Semuanya ada di Bangkang, satu
tempat suci untuk pemujaan bagi beliau semua. Adapun yang ada di Tukad Mungga,
yang bernama Ki Gusti Putu Panji, berputra Ki Gusti Bagus Rai, Ki Gusti Ayu
Jlantik, istri beliau Ki Gusti Putu Intaran di Tukad Mungga, Ki Gusti Made Oka,
Ki Gusti Ayu Nyoman Rempeg, istri beliau Ki Gusti Putu Gianyar di Bangkang,
serta Ki Gusti Ketut Cede. Ki Gusti Ketut Ksatra, berputra Ki Gusti Ayu
Kompyang Sekar, istri beliau Ki Gusti Ketut Cede, di Tukad Mungga, adiknya Ki
Gusti Made Jlantik. Adapun Ki Gusti Ketut Jlantik, berputra Ki Gusti Ayu
Kompyang Rai, istri beliau Ki Gusti Ketut Cede di Tukad Mungga.
Selanjutnya Ki
Gusti Putu Batan, berputra Ki Gusti Ayu Putu Sekar, istri beliau Ki Gusti Ketut
Ksatra di Bangkang, Ki Gusti Ayu Made Jlantik, istri beliau Ki Gusti Made
Celagi di Bangkang, Ki Gusti Ayu Kompyang Ayu, istri beliau Ki Gusti Putu Griya
di Singaraja, Ki Gusti Made Singaraja, Ki Gusti Ayu Nyoman Ayu, istri beliau Ki
Gusti Nyoman Raka, Ki Gusti Ketut Bagus, serta yang bungsu Ki Gusti Ketut Putu.
Adapun beliau Ki
Gusti Nyoman Jlantik, berputra Ki Gusti Putu Center, Ki Gusti Ayu Made Rai,
istri beliau Ki Gusti Putu Cede di Bangkang, Ki Gusti Putu Selat, Ki Gusti Ayu
Made Sekar, Ki Gusti Nyoman Jlantik Gunung, serta Ki Gusti Ketut Putra. Adapun
Ki Gusti Ketut Kaler, berputra Ki Gusti Ayu Kompyang Kaler, serta Ki Gusti Ayu
Made Griya, sama-sama diambil sebagai istri oleh Ki Gusti Ketut Jlantik.
Selanjutnya Ki
Gusti Bagus Jlantik Patih, berputra Ki Gusti Putu Intaran. Serta Ki Gusti Made
Karang, beliau tidak mempunyai keturunan. Selanjutnya Ki Gusti Ketut Banjar,
putra beliau tertua bernama Ki Gusti Putu Griya, adiknya Ki Gusti Ayu Made
Panji, istri beliau Ki Gusti Putu Selat di Tukad Mungga, Ki Gusti Nyoman Raka,
Ki Gusti Ketut Jlantik, serta Ki Gusti Ayu Rai, istri beliau Ki Gusti Putu
Intaran di Tukad Mungga. Demikian keturunan beliau yang ada di Tukad Mungga,
Semuanya bersatu dalam satu tempat pemujaan masing-masing di desa Tukad Mungga.
Adapun Ki Gusti
Ngurah Ketut Jlantik, bekas raja Buleleng yang terakhir, berasal dari keturunan
di Kubutambahan, beliau mempunyai seorang putri, bernama Ki Gusti Ayu Kompyang,
istri beliau Ki Gusti Made Singaraja, di Singaraja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar