Pada suatu pagi, sekitar 15 tahun yang lalu, sepeda pancal alias sepeda
onthel saya hilang dari rumah kontrakan saya. Tentu diambil oleh salah seorang
dari anak-anak muda sekitar sini. Banyak dari mereka pengangguran, dan lagi
rumah ini memang dekat dengan pasar.
Sebagai manusia normal, saya marah. Tapi terus terang ini tidak konsisten
dan tidak rasional. Rumah ini memang tak pernah dikunci. Setiap orang gampang
sekali membuka pintu yang sebelah manapun dan mengambil apapun. Jadi, kalau
sepeda hilang, itu logis dan realistis.
Tapi saya tak peduli. Saya ke depan rumah, berdiri bertolak pinggang
menghadap ke arah pasar, dan berteriak: “Kalau sepeda saya tidak kembali sampai
nanti sore, saya tidak bertanggung jawab kalau ada orang pengkor satu kakinya,
cekot sebelah tangannya, atau pethot mulutnya”.
Orang-orang di sekitar kaget dan terkesiap sejenak. Tapi saya segera masuk
rumah dan tidur lagi.
Tak disangka tak dinyana, ketika siang belum sempurna, pintu depan diketuk berulangkali.
Saya nongol, seorang anak muda berpakaian butut berdiri dengan wajah ketakutan
dengan sepeda berdiri terjagang di sebelahnya.
Ketika saya menatapnya, ia menunduk. “Kenapa kamu?” Saya bertanya.
“Maaf, Cak…” ia menjawab tersendat, “saya yang mencuri sepeda Sampeyan. Saya
minta maaf. Sekarang saya kembalikan….”
“Lho, kenapa kamu kembalikan?” Saya bertanya lagi.
“Saya dengar dari orang-orang bahwa Sampeyan marah….”.
“Tapi kan kamu butuh sepeda?” Saya kejar terus.
“Iya, siih….”
“Untuk apa sepeda?”
“Tempat kerja saya jauh sekali. Kalau saya jalan kaki, kejauhan. Kalau saya
pakai angkutan, gaji saya jadi terlalu sedikit….”
“Jadi kamu butuh sepeda?”
“Ya, Cak”
“Ya sudah, kamu bawa saja sepeda ini,” kata saya, “sekarang sepeda ini sudah
halal kalau kamu bawa. Saya sudah ikhlas, kamu sudah tidak berdosa. Dan, Insya
Allah, kalau yang kamu pakai adalah barang halal, rejekimu akan berkah. Kalau
tadi, karena kamu mencuri, maka kamu berdosa, dan saya kamu tindas. Kamu
dikutuk Tuhan, saya tidak mendapat apa-apa kecuali kemarahan. Sekarang semua
sudah halal dan baik. Silakan pakai, semoga Allah menambah rezekimu dan
meringankan hidupmu.”
Dia bengong. Saya masuk rumah dan kembali tidur.
Dengan dua macam lalu-lintas pindahnya suatu barang dari dan ke subyek yang
sama, nilainya menjadi berbeda. Kalau saya memakai kalkulasi ekonomi dunia,
maka saya rugi kehilangan sepeda. Maka saya pakai teologi manajemen dunia
akhirat, sehingga beralihnya sepeda saya ke tangan anak itu tidak membuat saya
kehilangan. Malah saya laba banyak, bukan hanya pahala di akhirat, tapi Allah
juga menjanjikan rezeki berlipat ganda, entah berupa apapun, terserah Dia saja.
pokoknya la in syakartum la ‘azidannakum.
Saya ini hampir selalu dikeluarkan dari setiap sekolah yang pernah saya
masuki. Jadi saya ini bukan kaum terpelajar, baik di sektor Salafiyah dan Kitab
Kuning, maupun di sektor persekolahan modern. Jadi saya tidak tahu banyak
mengenai banyak hal. Tetapi dengan segala keawaman itu saya haqqul yaqin
dan ‘ainul yaqin bahwa apa yang saya pahami, sikapi, dan lakukan dalam
hal sepeda itu adalah konsep teologi Islam.
Apapun saja yang saya lakukan di muka bumi ini, sejak pagi hingga pagi
berikutnya, ketika berada di timur atau barat, tatkala berjaga, atau mengantuk,
sebisa-bisa saya tumbuhkan di atas kesadaran dan konsep teologi yang
segamblang-gamblangnya.
Kalau saya menjumpai sebatang kayu melintang, saya sisihkan ke pinggir
supaya tidak menyandungi orang lewat. Kalau mungkin, saya akan pakai ia untuk
menyangga sesuatu atau untuk apapun yang bermanfaat. Konsep teologi saya ada
lah bahwa segala yang di depan saya itu merupakan amanat Allah untuk saya
Islamkan. Di-Islamkan artinya diubah dari kemubaziran atau kemudharatan menjadi
kegunaan dan kemashlahatan.
Ingatan, kesadaran, dan formula konsep teologi itu harus terus-menerus saya
cari, saya pahami, dan saya terapkan. Dan itu berlaku untuk pekerjaan yang
kecil maupun yang besar. Untuk soal rumput di halaman rumah sampai soal
pekerjaan sejarah besar yang menyangkut kebudayaan masyarakat.
Saya menyuapi mulut saya dengan nasi tidak karena saya ingin makan,
melainkan karena saya wajib memelihara kesehatan badan yang dimandatkan oleh
Pencipta saya. Saya mencangkuli tanah dan menanam sesuatu bukan sekadar karena
saya menyukai keindahan, melainkan juga karena saya bersyukur dan takjub: kok
ya ada di dalam hidup ini yang namanya tanah, kesuburan, serta biji yang
kalau ditaruh di situ lantas tumbuh dengan penuh keajaiban.
Saya berangkat tidur pada jam tertentu bukan karena saya ingin menikmatinya,
tapi karena saya wajib bergabung ke dalam irama sunnatullah yang menyangkut
badan dan jiwa saya. Saya bersedia pulang ke rumah hanya beberapa hari dalam
sebulan dan selebihnya diatur orang banyak untuk berada di berbagai tempat dan
melaksanakan kemauan mereka, bukan karena itu karir saya atau profesi saya,
karena saya tidak punya karir dan tidak peduli profesi.
Saya lakukan itu semua karena, pertama, saya ini aslinya tidak ada, kemudian
Allah mengadakan saya, ia satu-satunya yang berhak atas saya, dan karena itu
segala yang saya lakukan bergantung pada kemauan-Nya. Saya diberi wewenang
oleh-Nya untuk berkemauan, tapi saya tidak pernah percaya bahwa kemauan saya
atas diri saya dan dunia ini akan pernah lebih baik dibanding kemauan Tuhan
atas diri saya dan dunia ini. Oleh karena itu saya tidak berani melepaskan
apapun sampai yang sekecil-kecilnya dan seremeh-remehnya, dari pencarian
pengetahuan tentang apa yang kira-kira dimaui oleh Sang Konsultan Agung Allah
SWT itu.
Kalau saya punya iradah, harus saya sesuaikan dengan amr-Nya.
Terkadang cocok, terkadang tidak. Terkadang benar, terkadang salah. Tapi,
apapun yang terjadi, iradah itu harus saya lakukan dengan menggunakan qoul-Nya
supaya produknya adalah kun fayakun. Saya tidak banyak mengerti ilmu
di alam semesta ini. Jadi hanya itulah yang saya pahami sebagai konsep teologi.
Maka, sebab kedua, orang-orang yang memintaku untuk melakukan segala macam
pekerjaan itu — ya kesenian, ya keagamaan, ya
politik, ya ekonomi, ya pengobatan, ya konsultasi
kejiwaan, ya segala macam jenis partisipasi dan sumbangan sosial —
tidak bisa saya yakini bahwa kemauan mereka itu benar-benar terlepas dari
kemauan Tuhan. Saya harus berspekulasi dan bersangka baik bahwa mereka adalah
penyalur amanat Tuhan kepada saya.
Jadi, apa saja, dari makan rujak sampai bikin ABRI, tidak berhak dilakukan
oleh manusia yang memiliki hubungan vertikal total dengan Allah — tanpa
memberangkatkannya dari ingatan, kesadaran, dan konsep teologi yang jelas.
Dengan kata lain, tak perlu menunggu mau bikin partai Islam dulu baru berpikir
tentang konsep teologi. Bikin mesjid, bikin perusahaan, bikin Golkar, bikin
negara, bagi orang yang ber-Tuhan, ada keberangkatan dan titik tuju
teologisnya.
Ketika berpakaian sekular, ketika berbusana Muslim, ketika berformalisme
Islam, ketika berkultur-kultur Islam, ketika Islam formal dipakai atau
disembunyikan, ketika Islam diletakkan di kultur thok, atau juga di
politik resmi, semua terikat pada penyikapan teologis. Apalagi yang namanya
Partai Islam, harus terutama dilihat secara substansial: bisa saja namanya
Partai Daun atau Partai Kambing, tapi yang kita lihat adalah apakah substansi
kerjanya Islam atau tidak. Hanya orang-orang yang tradisinya berpikir simbolik
yang menyangka bahwa partai Islam hanyalah partai yang memakai nama dan kata
Islam.
Kalau ada parpol yang pilar perjuangannya adalah amar makruf nahi munkar dan
akhlaqul karimah, maka secara substansial ia telah bersyahadat Islam. Bahkan
kalau ada parpol lain yang memperjuangkan demokrasi, kemerataan kesejahteraan,
keadilan sosial, dan penghormatan atas haq asasi manusia, secara substansial ia
bisa kita sebut partai Islam. Masalahnya, tinggal ditunggu proses
aktualisasinya saja: konsisten atau tidak, istiqamah atau tidak.
Kalau misalnya saya sibuk dan mencemaskan berdirinya partai Islam, karena
toh substansi partai-partai yang ada juga relatif sudah substantially Islam,
maka berarti saya berpikir simbolik. Juga berarti saya tidak paham bahwa kalau
ada anjuran tentang partai Islam formal, itu sekadar upaya pembebasan dari
tradisi simbolisme: agar tidak resmi Islam ya boleh, resmi Islam ya boleh. Yang
penting, substansinya Islam atau tidak.
Tidak hanya ketika saya pakai peci saya maka saya terikat oleh teologi
Islam. Tatkala saya pakai kaos oblong dan menjadi gelandangan di tepi jalan pun
saya terikat oleh Allah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar